Home » Program Studi

Program Studi

Fakultas DKV mengelola pelayanan pendidikan program studi Desain Grafis D4 dan Multimedia D3. Pelaksanaan pendidikan dan akademik diatur dalam Buku Panduan Akademik yang berisi tata nilai sebagai dasar dalam bertindak, etika mahasiswa, dan aturan-aturan terkait penyelenggaraan akademik.

Program Studi Desain Grafis D4 berpengalaman sejak tahun 1999 dan telah Ter-Akreditasi B.

Program studi ini dibina para dosen tetap alumni FSRD ITB yang telah menempuh program Magister dan Doktor, serta aktif sebagai praktisi/profesional di bidang Desain Komunikasi Visual, sehingga mahasiswa tidak sekedar memahami ilmu teori tapi sekaligus menyerap pengalaman mutakhir di dunia profesi yang dinamis. Selain tenaga edukatif profesional, program studi ini didukung metode pembelajaran, tata kelola dan sarana/fasilitas pembelajaran, seperti : laboratorium computer dual system (Imac), laboratorium editing dan dubbing, laboratorium fotografi, galeri stasiun TV (UTama TV).

Dalam rangka membuka wawasan dan lebih mempersiapkan para lulusan dapat bersaing di dunia internasional, program studi Desain Grafis melakukan kerjasama dengan Multimedia University Malaysia (MMU) meliputi : Joint Degree atau Double Degree, Student Exchange, juga Joint Research Collaboration yang dilakukan antar Dosen. Lulusan program studi Desain Grafis dibekali dengan berbagai sertifikasi – diantaranya Adobe Certification. Juga masa tunggu bekerja setelah lulus kurang dari 10 bulan (data Pusat Karir tahun 2017).

Kurikulum Program Studi Desain Grafis disesuaikan dengan jalur pendidikan profesional yang diarahkan pada kesiapan menerapkan keahlian bidang desain komunikasi visual berbasis kompetensi, serta didukung teknologi informasi dan komunikasi, serta digital. Beban studi Prodi Desain Grafis wajib ditempuh secara keseluruhan 144 SKS dengan masa studi selama 8 (delapan) semester.

Evaluasi Belajar Mahasiswa

Evaluasi Belajar Mahasiswa

 

Program Studi Multimedia D3 mengembangkan mahasiswa agar mampu memecahkan masalah komunikasi melalui berbagai media visual, termasuk media gerak digital untuk menciptakan komunikasi visual yang tepat sasaran dalam kemasan yang estetis.

Keunggulan Program Studi Multimedia D3 Universitas Widyatama melalui pengalaman sejak tahun 1999 dan telah Ter-Akreditasi B.

Program studi ini dibina para dosen tetap alumni FSRD ITB yang telah menempuh program Magister dan Doktor, serta aktif sebagai praktisi/profesional di bidang Desain Komunikasi Visual, sehingga mahasiswa tidak sekedar memahami ilmu teori, sekaligus menyerap pengalaman mutakhir di dunia profesi yang dinamis.

Dukungan tenaga edukatif profesional, serta diperkuat metode pembelajaran, tata kelola dan sarana pembelajaran seperti laboratorium computer dual system (Imac), laboratorium editing dan dubbing, laboratorium fotografi, galeri stasiun TV (UTama TV), pusat studi Artherapy Center Widyatama, juga dibekali berbagai sertifikasi, diantaranya kesempatan ujian Adobe Certification menjadikan lulusan program studi Multimedia D3 mempunyai daya saing tersendiri. Masa tunggu bekerja setelah lulus kurang dari 10 bulan.

Dalam rangka membuka wawasan serta lebih mempersiapkan para lulusan agar siap bersaing di dunia Internasional, Prodi Multimedia melakukan kerjasama dengan Multimedia University Malaysia (MMU) meliputi meliputi Joint Degree atau Double Degree, Student Exchange juga Joint Research Collaboration yang dilakukan antar Dosen.

Kurikulum Program Studi Multimedia D3 disesuaikan dengan jalur pendidikan profesional yang diarahkan pada kesiapan menerapkan keahlian bidang desain komunikasi visual berbasis kompetensi. Beban studi Prodi Multimedia D3 wajib ditempuh secara keseluruhan 114 SKS dengan masa studi selama 6 (enam) semester.

Lulusan Multimedia D3 dipersiapkan menjadi profesional di Industri film dan TV, animasi; startup desain, 3D Artist, Animator, Web Designer, Video Editor, Visual Jockey, Game Artist, Visual Graphic Artist, Digital Painter, Video Clip Maker, serta divisi-divisi kreatif dalam industri periklanan dan pertelevisian.

Evaluasi Belajar Mahasiswa

Evaluasi belajar program studi Multimedia D3 pada prinsipnya mengikuti tiga tahap evaluasi, yakni : Evaluasi Keberhasilan Studi Tahap Pertama, Tahap Kedua dan Tahap Akhir yang mengacu pada program studi Desain Grafis D4 dengan penyesuaian masa studi.