Home » Profil

Profil

Fakultas Desain Komunikasi Visual pada awalnya sebuah Sekolah Tinggi Desain Komunikasi Visual/STDKV dengan program studi Desain Grafis (Jenjang D4), Komputer Multimedia (Jenjang D3) yang didirikan pada tahun 1998. Melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001 tanggal 2 Agustus 2001 dibentuk Universitas Widyatama/UTama yang menggabungkan sekolah-sekolah tinggi di lingkungan Yayasan Widyatama. Salah satunya adalah STDKV. Melalui penggabungan tersebut lembaga ini menjadi Fakultas DKV dengan program studi Desain Grafis (Jenjang D4), Multimedia (Jenjang D3).

Fakultas Desain Komunikasi Visual Menyelenggarakan pendidikan Desain Komunikasi Visual yang bersifat vokasional, untuk menghasilkan ahli atau praktisi yang mampu memberikan solusi problem komunikasi yang efektif dan bernilai budaya, yang didukung oleh penguasaan konsep dan teknologi yang sesuai.

Fakultas DKV dibina para dosen tetap alumni FSRD ITB yang telah menempuh program Magister dan Doktor, serta aktif sebagai praktisi/profesional di biang Desain Komunikasi Visual, sehingga mahasiswa tidak sekedar memahami ilmu teori tapi sekaligus menyerap pengalaman mutakhir di dunia profesi yang dinamis. Fakultas ini didukung sarana Laboratorium Komputer, Studio Fotografi, Studio Multimedia, Dan Laboratorium Imac, Ruang Theater Dan Gallery Desain.

 

Prospek Karir

Jenjang dan sistem pendidikan program studi Desain Grafis dan Multimedia, ditujukan untuk membentuk lulusan yang memiliki kompetensi untuk memenuhi kebutuhan pasar Industri Kreatif yang menuntut lulusan/sumber daya manusia siap pakai. Lulusan FDKV Widyatama dibekali dengan pengetahuan dan keahlian pemecahan masalah komunikasi yang menerapkan prinsip-prinsip desain, teori komunikasi, berpikir strategis, dan didukung dengan kemampuan penguasaan alat / media (manual & digital). Dengan program tersebut, lulusan FDKV memiliki kebebasan untuk menjadi pekerja desain, pekerja desain mandiri (self-employed), atau menjadi pengusaha di bidang desain dan industri kreatif. Tidak hanya bidang profesi yang luas, tingginya kebutuhan SDM bidang industri kreatif membuat rata-rata lulusan FDKV Widyatama mengalami masa tunggu profesi yang singkat (< 10 bulan).