Home » Program Studi

Program Studi

Program studi Diploma 3 Multimedia (DIII)

Program studi Diploma 3 Multimedia (DIII), salah satu program studi di Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Widyatama. Berdasarkan; Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional-Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), No: 137/D/O/2001, tanggal 2 Agustus 2001, mengenai Pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi dan Pendirian Universitas Widyatama, diperkuat dengan Surat Keputusan Departemen Pendidikan Nasional – Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI), No: 12608/D/T/K-IV/2012, mengenai Perpanjangan Izin Program Studi Desain Multimedia Jenjang D-3 di Universitas Widyatama. Pada tahun akademik 2018/2019 ini, Program studi Diploma 3 Multimedia (DIII), telah memasuki tahun ke-17 (tujuh belas belas) dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Berdasarkan SK Senat Fakultas Nomor 014/SK/G.02.02/FDKV-UTAMA/VII/2016?

ditetapkanlah visi Program Studi Multimedia D-III.

 

Visi Program Studi Multimedia D-III adalah

Menjadi program studi yang mampu menghasilkan ahli madya di bidang multimedia yang memiliki kapasitas inventif dan inovatif dalam budaya nusantara serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan berwawasan global

 

Misi program studi Multimedia D-III sebagai berikut :

1.Menyelenggarakan program studi yang mampu menghasilkan ahli madya di bidang multimedia yang memiliki kapasitas inventif dan inovatif dalam budaya nusantara serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan berwawasan global.

2.Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, penelitian yang efisien dan efektif sehingga menghasilkan lulusan dibidang desain multimedia yang kreatif dan inovatif.

3.Meningkatkan ciri khas akademik berbasis budaya nusantara sebagai daya saing melalui kegiatan penelitian sebagai referensi dalam pengembangan dan penerapan bidang ilmu desain multimedia.

4.Membentuk relevansi seluruh kegiatan akademis dalam rangka pembentukan SDM yang professional dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

5.Melakukan kerjasama dalam bidang multimedia dengan institusi pendidikan, industri kreatif, dan pemerintah agar sesuai dengan perkembangan keilmuan dan profesi desain multimedia.

 

Tujuan Program Studi Multimedia D-III dijabarkan sebagai berikut:

1.Terselenggaranya program studi yang mampu menghasilkan ahli madya di bidang multimedia yang memiliki kapasitas inventif dan inovatif dalam budaya nusantara serta adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan berwawasan global

2.Terciptanya lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, penelitian yang efisien dan efektif sehingga menghasilkan lulusan dibidang desain multimedia yang kreatif dan inovatif.

3.Terciptanya ciri khas akademik berbasis budaya nusantara sebagai daya saing melalui kegiatan penelitian sebagai referensi dalam pengembangan dan penerapan bidang ilmu desain multimedia.

4.Terbentuknya relevansi seluruh kegiatan akademis dalam rangka pembentukan SDM yang professional dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

5.Terlaksananya kerjasama dalam bidang multimedia dengan institusi pendidikan, industri kreatif, dan pemerintah agar sesuai dengan perkembangan keilmuan dan profesi desain multimedia.

Akreditasi BAN PT (B)

Kompetensi Etika Lulusan

Sesuai dengan visi, misi, sasaran, dan tujuan, Program Studi menyelenggarakan proses pembelajaran untuk menghasilkan lulusan dengan kompetisi sebagai berikut:

  1. Memiliki kemampuan kepemimpinan yang ber-etika dan profesional.
  2. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai Ahli Madya dalam bidang Multimedia.
  3. Memiliki daya responsif tinggi dalam menyikapi perubahan lingkungan serta berupaya tinggi untuk turut berkontribusi sesuai profesinya.
  1. Memiliki kemampuan teknis, artistik dan analisis.
  2. Memiliki kemampuan berfikir, bekerja, dan bertindak secara profesional dan sistematis sesuai dengan bidang keahlian yang dimilikinya.
  1. Memiliki kemampuan dan motivasi untuk selalu mengembangkan potensi insani, berkontribusi positif dalam perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, secara intelektual, sosial dan kultural, serta mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  1. Memilliki mental yang mandiri, kreatif dan berjiwa wirausaha sehingga dapat membuka atau mengembangkan usaha di sektor industri kreatif.
  1. Memiliki kemampuan dalam memanfaatkan pengetahuan dan keahlian bidang desain komunikasi visual untuk kesejahteraan masyarakat.

 

Kompetensi Lulusan Program Studi Desain Multimedia

Lulusan program studi Desain Multimedia (D-3)/ Fakultas Desain Komunikasi Visual/ Universitas Widyatama memiliki keunggulan yang telah teruji, yakni mampu menjadi sumber daya manusia (SDM) profesional bagi industri kreatif. Lulusan tercatat dapat diandalkan pada beberapa stasiun TV swasta nasional maupun lokal di Indonesia, Rumah Produksi (Production House) dan sebagainya. Adapun keahlian/ kemampuan yang dimiliki lulusan program studi Desain Multimedia D-3/ Fakultas Desain Komunikasi Visual/ Universitas Widyatama, antara lain:

 

  • Kompetensi dalam Bidang Desain Komunikasi Visual

 

Lulusan memiliki kemampuan sebagai tenaga desainer dalam industri kreatif dan broadcast (pertelevisian) dengan konsentrasi dalam bidang profesi; producer, programdirector, video/film editor, cameraman, director of photography, script-writer, animator, flashmaker, web-site builder/visualizer/editor, dsb.

 

  • Kemampuan Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris

 

Rata-rata lulusan memiliki kemampuan berbahasa Inggris aktif dengan nilai test TOEFL minimal 450 (listening, reading, structure). Nilai tersebut, merefleksikan kemampuan bahasa Inggris pada diri lulusan.

 

  • Penguasaan Informasi, Teknologi dan Aplikasi Komputer

 

Lulusan memiliki penguasaan aplikasi komputer; corel graphic, adobe photoshop, adobe dreamweaver, dan adobe premier, macromedia director, 3D max, dsb. Secara keseluruhan, mampu mengoperasikan aplikasi komputer dalam level advance, serta aware terhadap teknologi informasi dan pemanfaatan jaringan internet.

 

  • Modal Pengembangan Diri Lulusan

 

Lulusan program studi Desain Multimedia (D-3), dibekali dengan kemampuan untuk menjadi sumber daya manusia kreatif. Bekal tersebut merupakan landasan untuk membangun sikap creativepreneurship, yang mendorong lulusan berupaya menciptakan peluang usaha industri kreatif (biro desain/rumah produksi/Usaha kecil menengah) dan tidak bergantung pada ketersediaan lapangan kerja.

 


Program studi Desain Grafis

Berdasarkan SK Dekan Nomor 014/SK/G.02.02/FDKV-UTAMA/VII/2014 ditetapkanlah visi Program Studi Desain Grafis D-IV sebagaimana berikut ini:

Menjadi Program Studi Desain Grafis D-IV untuk menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Desain Komunikasi Visual berbasis Design Thinking, berbudi luhur dan berwawasan global pada tahun 2023 di Jawa Barat

Visi Program Studi Desain Grafis D-IV tersebut terkandung kata kunci mencakup Profesional, Berbudi Luhur dan Berwawasan Global. Makna kata kunci tersebut secara terperinci dijelaskan sebagai berikut:

Profesional. Pengertian profesional adalah lulusan yang memiliki kemampuan mengidentifikasi masalah komunikasi, mampu menemukan solusi yang tepat dan menarik serta mampu memproduksi (eksekusi) solusi dengan teknologi yang sesuai. Lulusan yang profesional tersebut memiliki indikator:

1) Lulusan Program Studi Desain Grafis D-IV dirancang memiliki profil lulusan menjadi: konseptor, art director dan visualizer

2) Kurikulum pembelajaran berbasis KKNI dengan pencapaian di level 6 dan dalam penyusunannya telah melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan, baik pihak internal maupun eksternal

3) Proses pembelajaran berbasis Student Centered Learning

4) Program Studi Desain Grafis D-IV memiliki dosen yang memiliki pengalaman sebagai praktisi profesional

5) Lulusan memiliki kemampuan menerapkan bidang keilmuannya secara mandiri (berwirausaha)

6) Lulusan memiliki rata-rata waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan pertama dibawah 3 bulan dengan rata-rata IPK 3,75

Design Thinking.

Pengertian design thinking adalah lulusan yang memiliki kemampuan menganalisa masalah dengan cara pandang baru dan mampu mengembangkan metode khusus untuk menjawab masalah komunikasi. Lulusan yang memiliki kemampuan berbasis Design Thinking tersebut ditunjukkan dengan indikator memiliki kemampuan untuk berkarya berbasis Design Thinking yang dibekali dari mata kuliah: Mayor Grafis, Branding and New Media dan Wacana Desain.

Berbudi Luhur.

Pengertian berbudi luhur adalah lulusan yang memiliki memiliki integritas dan kepedulian terhadap permasalahan yang timbul di masyarakat, dengan indikator:

1) Dalam proses pembelajaran telah didukung mata kuliah: Etika Profesi, Wacana Desain dan Kerja Profesi

2) Melalui Universitas Widyatama telah dikeluarkan kebijakan tata tertib mahasiswa berperilaku di lingkungan kampus menyangkut: cara berpakaian, dilarang merokok, dilarang menggunakan maupun memperjual-belikan narkoba, serta bersikap ramah terhadap dosen dan sesama mahasiswa.

3) Mengadakan kegiatan kampanye dan edukasi tentang autisme melalui kegiatan World Autism Day dan mengadakan Olimpiade Seni dan Desain 2016 yang melibatkan mahasiswa FDKV sebagai volunteer dan aktif dalam kepanitiaan.

Berwawasan Global.

Berwawasan global yang dimaksud adalah lulusan yang memiliki kemampuan belajar dan adaptasi dalam menghadapi persaingan dan perubahan jaman. Hal ini ditunjukkan dengan indikator sebagai berikut:

1) Alumni diwajibkan memiliki score TOEFL 450

2) Adanya jaringan kerjasama dengan Multimedia University, Malaysia dalam bidang pertukaran pelajar

3) Adanya jaringan kerjasama dengan UITM, Perak Malaysia dalam bidang penelitian, invention, exhibisi dan publikasi jurnal

4) Mengadakan kuliah umum dengan pembicara dari Walt Disney, Amerika

 

Misi program studi

Dalam mewujudkan visi Program Studi Desain Grafis D-IV yang telah ditetapkan, berikut adalah secara rinci disampaikan misi Program Studi Desain Grafis D-IV:

  1. Menghasilkan desainer profesional yang berwawasan global dalam bidang desain grafis dengan didukung oleh lingkungan kampus yang nyaman dan kondusif pada proses pembelajaran.
  2. Menciptakan lingkungan pembelajaran yang? dapat mendukung kreatifitas dan keterampilan dalam bidang desain grafis yang menunjang pengembangan? dan penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan seni.
  3. Menciptakan? lulusan yang berkarakter dan berbudi luhur serta memiliki integritas dalam mengaplikasikan keilmuannya.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, untuk meningkatkan kreatifitas? dan profesionalisme dari lulusan serta memiliki budi yang luhur agar mampu bersaing secara global

Tujuan program studi

Tujuan Program Studi Desain Grafis D-IV dapat dikemukakan sebagai berikut:

  1. Terciptanya desainer profesional yang berwawasan global dalam bidang desain grafis dengan didukung oleh lingkungan kampus yang nyaman dan kondusif pada proses pembelajaran.
  2. Terciptanya lingkungan pembelajaran yang dapat mendukung kreatifitas dan keterampilan dalam bidang desain grafis yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan seni.
  3. Terciptanya lulusan yang berkarakter dan berbudi luhur serta memiliki integritas dalam mengaplikasikan keilmuannya.
  4. Terciptanya kerjasama dengan berbagai pihak, untuk meningkatkan kreatifitas dan profesionalisme dari lulusan serta memiliki budi yang luhur agar mampu bersaing secara global

Akreditasi BAN PT (A)

Profile Lulusan

Berdasarkan visi yang telah ditetapkan, Program Studi Desain Grafis menghasilkan lulusan yang professional dalam bidang desain komunikasi visual yang berbasis Design Thinking, berbudi luhur, dan berwawasan global. Dari visi tersebut, selanjutnya Program studi merumuskan profil lulusan dengan penjelasan sebagai berikut:

  • Art Director,

lulusan Program Studi Desain Grafis mampu berkarier dibidang industri media, advertising, teknologi informasi, kemasan dan percetakan. Lulusan dibekali kemampuan untuk merancang informasi menjadi bentuk visual dan membuat solusi visual dengan dilakukan proses pengembangan permasalahan dan dijadikan dasar dalam menyelesaikan permasalahan dengan potensi visual.

  • Desainer Grafis,

lulusan memilih profil lulusan ini untuk berkarier dibidang industri media, advertising, teknologi informasi, kemasan dan percetakan. Lulusan dengan profil ini sebagai pelaksana dan mengeksekusi hasil pengembangan rancangan visual yang telah dihasilkan.

  • Designer Digital Media,

lulusan mampu berkarier dibidang industri media, advertising dan teknologi informasi. Lulusan dengan profil ini mampu merancang media-media yang berhubungan dengan teknologi informasi.

  • Art-preuneurship,

lulusan yang memiliki kemampuan untuk menciptakan usaha secara mandiri diindustri kreatif mencakup: media publikasi, kemasan, studio grafis, studio fotografi, dan branding consultant.

  • Akademisi,

lulusan mampu berkarier dibidang akademisi sebagai layanan akademik, baik sebagai dosen maupun sebagai tenaga kependidikan.

Untuk mewujudkan lulusan Program Studi Desain Grafis yang memiliki profil lulusan dengan penjelasan tersebut diatas, selanjutnya program studi menetapkan kompetensi yang dimiliki mencakup:

Kompetensi Utama

Kompetensi utama yang dimiliki lulusan Program Studi Desain Grafis Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Widyatama merujuk pada Kerangka Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI) 2018 yang meliputi: landasan kepribadian, penguasaan ilmu dan keterampilan, kemampuan berkarya, sikap dan perilaku dalam berkarya, serta pemahaman kaidah berkehidupan dan bermasyarakat. Detail kompetensi utama tersebut diperinci sebagai berikut:

  • Landasan Kepribadian

 

  1. Berketuhanan Yang Maha Esa, beragama dan mengamalkan ajarannya dalam berkehidupan di dalam masyarakat.
  2. Memiliki sikap dan perilaku yang berbudaya, bermoral dan berkepribadian Indonesia dalam kehidupan berprofesi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

  • Penguasaan Ilmu dan Keterampilan
  1. Menguasai konsep, teori, metode desain dan mampu menerapkannya dalam wujud unjuk kerja.
  2. Memahami teori komunikasi & teori komunikasi visual serta mampu menganalisa dan mengidentifikasi masalah komunikasi.
  3. Memahami prinsip-prinsip desain serta mampu memilih metode yang tepat untuk solusi yang efektif dan menarik.
  4. Menguasai metode desain serta mampu memproduksi visual dengan teknik yang sesuai.
  5. Memiliki wawasan akan dunia seni-desain global.
  6. Memahami good design serta mampu mendeteksi kebutuhan khusus dari problem komunikasi.
  7. Memiliki wawasan akan dunia seni-desain lokal + tradisional serta mampu mengembangkan metoda personal/ khusus untuk menjawab masalah komunikasi
  8. Memahami design thinking serta mampu menggunakan peralatan produksi visual yang kini maupun yang “kuno”.

 

  • Kemampuan Berkarya
  1. Memahami, menguasai, dan mampu menerapkan fungsi dasar atau bidang kerja suatu perancangan informasi dan komunikasi berbasis komputasi serta menyampaikan hasil rancangannya sesuai pemaknaan yang diaplikasikan.
  2. Mampu menyesuaikan perkembangan teknologi, melakukan analisis aktual dan menjadi perencana atau perancang untuk skala menengah ke atas, secara mandiri maupun terlibat dalam area industri kreatif.

 

  • Sikap dan Perilaku dalam Berkarya
  1. Memiliki sikap kreatif dan nilai mandiri dalam berkarya. Dalam artian luas, memiliki kesadaran dan wawasan lingkungan terhadap pemaknaan suatu karya perancangan informasi dan komunikasi berbasis teknologi dan komputasi.
  2. Mampu bekerja sama di dalam tim secara profesional. Menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, perilaku, komunikasi, manajemen yang akan selalu mengalami perubahan.
  3. Dapat berinteraksi dengan sejawat dan masyarakat dalam konteks profesinya. Memahami dan tanggap terhadap permasalahan lingkungan berdasarkan pada prinsip efisiensi, efektifitas dan keterandalan dalam ruang lingkup perancangan informasi dan komunikasi berbasis komputasi Desain Grafis.

 

  • Pemahaman Kaidah Berkehidupan dan Bermasyarakat

Mampu menunjukkan etika dan perilaku yang tepat dalam bersosialisasi secara aktif di lingkungan masyarakat sesuai dengan profesinya. Lebih jauh, dapat mengembangkan dan mengadaptasikan diri dalam bermasyarakat serta mencari solusi terhadap permasalahan di bidang perancangan informasi dan komunikasi.

Kompetensi Pendukung

Kompetensi pendukung yang dimiliki lulusan Program Studi Desain Grafis Fakultas Desain Komunikasi Visual Universitas Widyatama, antara lain:

  1. Memenuhi standarisasi ketepatan waktu lulusan (fresh-graduate) ≤ 9 semester dengan nilai IPK minimal 2,75, sebagai landasan mutu akademik dan keprofesian.
  2. Menguasai dan mampu mempergunakan bahasa nasional dan bahasa internasional (bahasa Inggris dengan English Proficiency Test atau TOEFL score minimal 450) dalam masyarakat umum dan komunitas profesinya serta dapat berkomunikasi lisan maupun tertulis secara efektif dan efisien.
  3. Memiliki pemahaman konsepsi dasar business & commerce sebagai bagian perilaku yang dikembangkan di lingkungan Universitas Widyatama.
  4. Memiliki komitmen terhadap kualitas, tepat waktu dan melakukan penyempurnaan secara berkelanjutan.
  5. Memiliki kemampuan memahami tanggung jawab etika, sosial, dan profesi ahli madya, serta memiliki rasa hormat terhadap perbedaan dan pengetahuan profesi, kontemporer, masalah sosial dan global.
  6. Memiliki kemampuan pengembangan diri yang berlandaskan kreativitas; lulusan dapat beradaptasi secara luwes dan mengembangkan jejaring dalam membangun industri kreatif secara mandiri (creative-preneur).