Home » Profil Singkat

Profil Singkat

PROGRAM STUDI DIPLOMA 3 (D3) dan DIPLOMA 4 (D4)

IDENTITAS

Nama Perguruan Tinggi : Universitas Widyatama

Alamat : Jln. Cikutra 204 A, Bandung 40125

No. Telepon : (022) 7275855, 7206713, 7219517

No. Faksimili : (022) 7274010

Homepage dan E-Mail : www.widyatama.ac.id

Nomor dan Tanggal SK Pendirian Institusi : 137/D/O/2001/Tanggal 2 Agustus 2001

Pejabat yang Menerbitkan SK : A/N MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

 

DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI

Satryo Soemantri Brodjonegoro

NIP: 130 889 802

 

Identitas berikut ini mengenai

Unit Pengelola Program Studi Diploma dari Perguruan Tinggi:

Nama Unit Pengelola Program Studi : Fakultas Desain Komunikasi Visual

Alamat : Jln. Cikutra 204 A, Bandung 40125

No. Telepon : (022) 7275855, 7206713, 7219517

No. Faksimili : (022) 7274010

Homepage dan E-Mail : www.widyatama.ac.id — fdkv@widyatama.ac.id

 

Nomor dan Tanggal

SK Pendirian Unit Pengelola

Program Studi : 12608/D/T/K-IV/2012, 25 Juli 2012

Pejabat yang Menerbitkan SK : Abu Bakar, S.H.

Program studi yang dikelola oleh unit pengelola program studi diploma:

  1. Program S tudi Desain Grafis (Jenjang pendidikan D-4)
  2. Program Studi Multimedia (Jenjang pendidikan D-3)

Fakultas Desain Komunikasi Visual berperan aktif dalam pengembangan bidang desain Grafis dan Multimedia, selain itu juga telah berkontribusi dalam dunia ekonomi kreatif. Alumni dan civitas akademika FDKV merupakan lulusan dari keilmuan yang linear dengan berbagai profesi dan bidang, seperti media cetak, media elektronik dan industri kreatif lainnya.

FDKV telah mengalami dinamika civitas akademik yang relatif menurun sehingga dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disertai dengan upaya peningkatan relevansinya dalam rangka persaingan global.

 

Renstra FDKV dimana secara garis besar menyangkut empat komponen yaitu:

(1) Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian

(2) Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu,

(3) Program Studi Desain Grafis,

(4) Program Studi Multimedia, yang disusun dalam bentuk Program Kerja yang memuat hal-hal akademis; kegiatan belajar mengajar, penelitian dan pengabdian masyarakat. Hal-hal strategis lainnya meliputi pengembangan fakultas dan tracer study.

 

Visi Fakultas Desain Komunikasi Visual

Membangun dan menghasilkan sumber daya manusia yang profesional, kreatif dalam bisnis desain komunikasi visual, berbudi luhur dan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya nusantara serta dapat diterima masyarakat global.

 

Misi Fakultas Desain Komunikasi Visual

  1. Menyelenggarakan program pendidikan keprofesian bidang keterampilan desain komunikasi visual yang menunjang kepada pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  2. Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pelaksanaan proses belajar mengajar sehingga dapat menghasilkan desainer yang kreatif dalam bidang desain komunikasi visual.
  3. Membangun karakter desainer yang berbudi luhur melalui kegiatan belajar mengajar, bertanggung jawab serta dapat menyesuaikan diri pada tantangan global.
  4. Menggali nilai-nilai tradisi budaya Nusantara melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam pengembangan dan penerapan bidang ilmu desain komunikasi visual.
  5. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri agar proses kegiatan akademik dan keprofesian bidang desain komunikasi visual sejalan dan selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

 

Tujuan FDKV

  1. Pelaksana pendidikan diploma (D3) dan vokasi (D4) yang profesional di bidang Desain Komunikasi Visual berbasis digital dan siap menghadapi tantangan global dan ASEAN Free Trade Area (AFTA) 5 tahun ke depan.
  2. Menjadi Fakultas Desain Komunikasi Visual yang mengintegrasi 3 aspek akademik sebagai unique selling point yakni bisnis, budaya dan teknologi (BBT) tahun 2015
  3. Mempersiapkan program S1 Desain Grafis Fakultas Desain Komunikasi Visual Widyatama tahun 2015 berbasis kreativitas dan kewirausahaan (creativepreneur)