D4 Desain Grafis

Program Studi Fakultas Desain Komunikasi dan Visual – Universitas Widyatama

Berdasarkan SK Dekan Nomor 014/SK/G.02.02/FDKV-UTAMA/VII/2014 ditetapkanlah visi Program Studi Desain Grafis D-IV sebagaimana berikut ini:

Menjadi Program Studi Desain Grafis D-IV untuk menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Desain Komunikasi Visual berbasis Design Thinking, berbudi luhur dan berwawasan global pada tahun 2023 di Jawa Barat

Visi Program Studi Desain Grafis D-IV tersebut terkandung kata kunci mencakup Profesional, Berbudi Luhur dan Berwawasan Global. Makna kata kunci tersebut secara terperinci dijelaskan sebagai berikut:

Profesional

Lulusan yang memiliki kemampuan mengidentifikasi masalah komunikasi, mampu menemukan solusi yang tepat dan menarik serta mampu memproduksi (eksekusi) solusi dengan teknologi yang sesuai. Lulusan yang profesional tersebut memiliki indikator:

01

Lulusan Program Studi Desain Grafis D-IV dirancang memiliki profil lulusan menjadi: konseptor, art director dan visualizer

02

Kurikulum pembelajaran berbasis KKNI dengan pencapaian di level 6 dan dalam penyusunannya telah melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan, baik pihak internal maupun eksternal

03

Proses pembelajaran berbasis Student Centered Learning

04

Program Studi Desain Grafis D-IV memiliki dosen yang memiliki pengalaman sebagai praktisi profesional

03

Proses pembelajaran berbasis Student Centered Learning

04

Program Studi Desain Grafis D-IV memiliki dosen yang memiliki pengalaman sebagai praktisi profesional

Misi Program Studi

01

Menghasilkan desainer profesional yang berwawasan global dalam bidang desain grafis dengan didukung oleh lingkungan kampus yang nyaman dan kondusif pada proses pembelajaran.

02

Menciptakan lingkungan pembelajaran yang dapat mendukung kreatifitas dan keterampilan dalam bidang desain grafis yang menunjang pengembangan? dan penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan seni.

03

Menciptakan lulusan yang berkarakter dan berbudi luhur serta memiliki integritas dalam mengaplikasikan keilmuannya.

04

Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, untuk meningkatkan kreatifitas dan profesionalisme dari lulusan serta memiliki budi yang luhur agar mampu bersaing secara global

Tujuan Program Studi

Terciptanya desainer profesional yang berwawasan global dalam bidang desain grafis dengan didukung oleh lingkungan kampus yang nyaman dan kondusif pada proses pembelajaran.

Terciptanya lingkungan pembelajaran yang dapat mendukung kreatifitas dan keterampilan dalam bidang desain grafis yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan seni.

Terciptanya lulusan yang berkarakter dan berbudi luhur serta memiliki integritas dalam mengaplikasikan keilmuannya.

Terciptanya kerjasama dengan berbagai pihak, untuk meningkatkan kreatifitas dan profesionalisme dari lulusan serta memiliki budi yang luhur agar mampu bersaing secara global

Kompetensi Utama

  1. Berketuhanan Yang Maha Esa, beragama dan mengamalkan ajarannya dalam berkehidupan di dalam masyarakat.
  2. Memiliki sikap dan perilaku yang berbudaya, bermoral dan berkepribadian Indonesia dalam kehidupan berprofesi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  1. Menguasai konsep, teori, metode desain dan mampu menerapkannya dalam wujud unjuk kerja.
  2. Memahami teori komunikasi & teori komunikasi visual serta mampu menganalisa dan mengidentifikasi masalah komunikasi.
  3. Memahami prinsip-prinsip desain serta mampu memilih metode yang tepat untuk solusi yang efektif dan menarik.
  4. Menguasai metode desain serta mampu memproduksi visual dengan teknik yang sesuai.
  5. Memiliki wawasan akan dunia seni-desain global.
  6. Memahami good design serta mampu mendeteksi kebutuhan khusus dari problem komunikasi.
  7. Memiliki wawasan akan dunia seni-desain lokal + tradisional serta mampu mengembangkan metoda personal/ khusus untuk menjawab masalah komunikasi
  8. Memahami design thinking serta mampu menggunakan peralatan produksi visual yang kini maupun yang “kuno”.
  1. Memahami, menguasai, dan mampu menerapkan fungsi dasar atau bidang kerja suatu perancangan informasi dan komunikasi berbasis komputasi serta menyampaikan hasil rancangannya sesuai pemaknaan yang diaplikasikan.
  2. Mampu menyesuaikan perkembangan teknologi, melakukan analisis aktual dan menjadi perencana atau perancang untuk skala menengah ke atas, secara mandiri maupun terlibat dalam area industri kreatif.
  1. Memiliki sikap kreatif dan nilai mandiri dalam berkarya. Dalam artian luas, memiliki kesadaran dan wawasan lingkungan terhadap pemaknaan suatu karya perancangan informasi dan komunikasi berbasis teknologi dan komputasi.
  2. Mampu bekerja sama di dalam tim secara profesional. Menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, perilaku, komunikasi, manajemen yang akan selalu mengalami perubahan.
  3. Dapat berinteraksi dengan sejawat dan masyarakat dalam konteks profesinya. Memahami dan tanggap terhadap permasalahan lingkungan berdasarkan pada prinsip efisiensi, efektifitas dan keterandalan dalam ruang lingkup perancangan informasi dan komunikasi berbasis komputasi Desain Grafis.
  1. Mampu menunjukkan etika dan perilaku yang tepat dalam bersosialisasi secara aktif di lingkungan masyarakat sesuai dengan profesinya. Lebih jauh, dapat mengembangkan dan mengadaptasikan diri dalam bermasyarakat serta mencari solusi terhadap permasalahan di bidang perancangan informasi dan komunikasi.

Kompetensi Pendukung

  1. Memenuhi standarisasi ketepatan waktu lulusan (fresh-graduate) ≤ 9 semester dengan nilai IPK minimal 2,75, sebagai landasan mutu akademik dan keprofesian.
  2. Menguasai dan mampu mempergunakan bahasa nasional dan bahasa internasional (bahasa Inggris dengan English Proficiency Test atau TOEFL score minimal 450) dalam masyarakat umum dan komunitas profesinya serta dapat berkomunikasi lisan maupun tertulis secara efektif dan efisien.
  3. Memiliki pemahaman konsepsi dasar business & commerce sebagai bagian perilaku yang dikembangkan di lingkungan Universitas Widyatama.
  4. Memiliki komitmen terhadap kualitas, tepat waktu dan melakukan penyempurnaan secara berkelanjutan.
  5. Memiliki kemampuan memahami tanggung jawab etika, sosial, dan profesi ahli madya, serta memiliki rasa hormat terhadap perbedaan dan pengetahuan profesi, kontemporer, masalah sosial dan global.
  6. Memiliki kemampuan pengembangan diri yang berlandaskan kreativitas; lulusan dapat beradaptasi secara luwes dan mengembangkan jejaring dalam membangun industri kreatif secara mandiri (creative-preneur).